Lapisan Pelindung Bangunan

Lapisan demi lapisan pelindung bangunan

 pict : benhil dormitory

Kondisi iklim tropis seperti di Indonesia mempunyai ciri-ciri utama banyak cahaya dan panas matahari, curah hujan tinggi, dan kelembapan udara tinggi. Bagi bangunan, paparan cahaya matahari secara terus menerus akan memudarkan warna cat pada bangunan, curah hujan tinngi dapat mengakibatkan kebocoran ataupun rembesan, dan kelembapan udara yang tinggi menyuburkan pertumbuhan jamur dan lumut. Untuk mengantisipasi keadaan ini bangunan Anda, terutama pada bagian eksteriornya harus mendapatkan perlindungan khusus.

Perlindungan pada eksterior bangunan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

1. Cat Eksterior
Berbeda dengan jenis cat yang digunakan di dalam ruangan, cat eksterior terbuat dari bahan khusus yang lebih tahan lama melindungi bangunan dari paparan sinar matahari dan serangan jamur dan lumut. 

2. Waterproofing
Waterproofing adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi bangunan dari risiko rembes dan bocor. Pada eksterior, waterproofing dapat dilakukan dengan cara melapisi sisi luar bangunan seperti dak beton atau talang dengan cairan pelapis berbahan dasar tripolimer yang bisa dikuas ataupun disemprotkan.

3. Coating
Coating dilakukan pada cladding, kolam, ataupun air terjun yang terbuat dari batu alam untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut. Cairan coating disapukan setelah batu alam terpasang.Lapisan coating berwarna transparan sehingga tidak mengubah penampilan ataupun warna batu alam dan menambah efek kilap.

 4. Varnishing
Untuk elemen eksterior bangunan yang berbahan kayu, perlindungan dapat dilakukan dengan menyapukan cairan vernis. Elemen eksterior yang memerlukan perlindungan vernis antara lain kusen, pintu, dan kisi-kisi kayu. Lapisan vernis membuat kayu jadi mengkilap dan melindunginya  dari kotoran, minyak, dan air.

Agar kesemua lapisan pelindung di atas dapat berfungsi dengan baik pastikan bidang pengaplikasiannya bersih dari kotoran, minyak dan air. Perhatikan juga petunjuk pemakaian juga petunjuk penyampuran atau pengenceran yang tertera pada kemasan produk-produk pelindung yang akan Anda gunakan.
(sumber :  http://www.membangunbersama.com/post/step-by-step/ruang-luar/lapisan-demi-lapis-pelindung-bangunan-/)

0 komentar:

Posting Komentar

 
ab_architects. Diberdayakan oleh Blogger.