Keramik, Kaolin dan Tanah Liat


Istilah keramik berasal dari bahasa Yunani, yang berarti tanah liat yang dibakar. Memang kenyataan seperti itu, barang yang terbuat dari tanah liat lalu dibakar, itulah yang disebut dengan keramik. 
Bahasa Indonesia sendiri sebetulnya sudah mempunyai istilah sendiri yaitu TEMBIKAR, tapi sayangnya istilah itu sendiri tidak sepopuler istilah keramik. Banyak istilah-istilah dari luar yang terpaksa kita adaptasi bukan karna kita mengenalnya atau kita harus memakainya, tetapi dikarena bangsa Indonesia mengenal teknologi keramik belakangan, misalnya : istilah kaolin.

Di Indonesia dikenal sebagai tanah yang berwarna putih, maka dari itu disebut tanah putih, sedangkan tanah liat yang betul-betul liat dikenal dengan nama Lempung. Tanah putih di Indonesia yang merupakan kaolin terbaik di dunia terdapat di pulau Bangka dan Belitung. 

Lalu mengapa tanah putih itu disebut dengan kaolin ?? 
Sejarahnya adalah ketika orang Barat mengunjungi China pada jaman dahulu dan mendapatkan bahwa China sudah mengenal barang-barang keramik yang bernilai tinggi, dan ketika mereka menanyakan rahasianya maka mereka menyebut nama KAO LIANG.

KAO LIANG adalah nama dataran tinggi seperti bukit yang terdapat tanah putihnya. Kao Liang terdengar seperti kaoling pada gilirannya tanah putih itulah yang disebut kaolin, hingga kini seluruh manusia didunia mengenal dengan istilah tersebut.

Kaolin sendiri terminology sciencenya adalah primary clay yaitu tanah yang masih murni karena belum terkontaminasi apapun sehingga warnanya sangat putih dan tidak plastis seperti tanah liat.

Derjat keputihan kaolin dapat mencapi diats 95%. Kaolin sering juga pakai untuk bahan baku keramik, ini karena kaolin bisa dicampur dengan tanah liat untuk membuat adonan-adonan tertentu terlebih dalam pembuatan adonan glasur.

Tetapi kaolin bukan hanya digunakan untuk adonan bahan keramik saja, banyak juga digunakan untuk keperluan industri lainnya karena warna yang sangat putih, tidak plastis dan tidak mudah bereaksi itu. Kaolin digunakan untuk industri kertas, cat dan obat-obatan.
Kaolin adalah bagian dari dunia keramik seperti halnya dengan tanah liat karena keduanya adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat barang-barang.

sumber:http://senikeramik.com/index.php?option=com_content&view=article&id=66:tanah-liat-atau-tanah-putih&catid=34:news&Itemid=12


0 komentar:

Posting Komentar

 
ab_architects. Diberdayakan oleh Blogger.