Tanam kembali Pohon mu!!!



Pohon bagi kehidupan makhluk hidup sangatlah penting. Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai manusia untuk merawat dan menjaga bumi kita. Jika ingin mempunyai lingkungan yang baik, kita juga harus merawatnya dengan baik pula. Mustahil terciptanya lingkungan yang baik, tanpa adanya kepedulian dari kita terhadap pohon.


pict : http://www.rimanews.com

Kini hutan Indonesia dalam kondisi yang mengkhawatirkan, jutaan hektar lenyap tiap tahunnya. Dampak yang sangat merugikan seluruh makhluk hidup.

Tahukah anda...
Penelitian Green Peace mencatat tingkat kerusakan hutan di Indonesia mencapai angka 3,8 juta hekta/tahun, sebagian besar disebabkan oleh penebangan liar. Semakin berkurangnya hutan mengakibatkan sebagian besar wilayah Indonesia rentan terhadap BENCANA EKOLOGIS (ECOLOGICAL DISASTER). 

Bencana Ekologis (ecological disaster), diantaranya : 
       1. Ancaman punahnya hewan dan tumbuhan hutan
       2. Kekeringan

      Penebangan pohon secara sembarangan, menyebabkan hutan menjadi gundul tidak ada vegetasi di atasnya, terbentuklah lahan kritis. Hutan yang rimbun dengan pohon-pohon yang lebat menjamin sistem hidro-orologis berjalan dengan baik. Air hujan yang datang pada musim penghujan dapat disimpan didalam tanah oleh pohon-pohon tersebut. Persediaan air tanah menjadi lebih banyak, secara perlahan air-air dilepaskan melalui sungai ke laut. Ada juga aliran air bawah tanah yang akan keluar menjadi mata-mata air yang jernih. ketika pohon-pohon dihulu sungai ditebang, ketika huja datang debit air menjadi meningkat membawa sedimen-sedimen akibat erosi. Air menjadi keruh berwarna coklat yang langsung mengalir ke laut tanpa disimpan dan diserap ke dalam tanah. (http://cerita-pintar.blogspot.com)

     3. Banjir

     
      4. Tanah longsor




Sudahkah anda menanam pohon?



Manfaat pohon sebagai hidup yang berkelanjutan,


1. PRODUSEN

Di alam, terjadi proses hubungan timbal balik, ketergantungan antarkomponen selalu melibatkan unsur tanaman. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Rantai makanan dan piramida makanan, misalnya. Ketiganya menempatkan tanaman pada posisi strategis, yaitu sebagai penyedia makanan atau produsen. Oleh karena itu, bila tanaman yang bertindak sebagai produsen sampai terganggu keberadaannya atau bahkan terancam kepunahan, dapat dipastikan semua makhluk hidup lain pun akan terancam kepunahan pula.

2. MENAHAN LAJU AIR DAN EROSI

Fungsi pohon lainnya adalah untuk menahan laju air. Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60 - 80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.
3. MENJAGA KESUBURAN TANAH

Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir - butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.

4. MENGHASILKAN OKSIGEN DAN MENGURANGI KARBONDIOKSIDA

Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2

5. LINGKUNGAN MENJADI NYAMAN

Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.

6. MENGURANGI ZAT PENCEMAR UDARA

Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat - zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi.

(sumber :
 http://www.belantaraindonesia.org/2011/12/manfaat-pohon-bagi-kelangsungan-hidup.html
 http://www.100jutapohon.com)

2 komentar:

  1. Supplier Kacang lokal butuh modal cuma 10jt aja gan provit cuma 300rb/bln yg penting lancar wa 0895342599026

    BalasHapus
  2. Supplier Kacang lokal butuh modal cuma 10jt aja gan provit cuma 300rb/bln yg penting lancar wa 0895342599026

    BalasHapus

 
ab_architects. Diberdayakan oleh Blogger.