Tanaman Penyegar Ruangan

Tahukah anda ada beberapa tanaman hidup yang bisa berperan sebagai sistem penyaringan udara dalam ruangan ?..
membawa tanaman hidup adalah salah satu cara yang digunakan para desainer interior selama bertahun-tahun. selain mempercantik dan memperindah ruangan kita, tanaman hidup juga bisa menjadi sebuah sistem penyaring udara.
ada beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa tanaman tertentu dapat membersihkan ruang hingga 89% dari VOC berbahaya seperti xilena dan formalin. 
Mau tahu tanaman apa saja yang bisa menjadi filter udara yang baik bagi ruangan anda, berikut ulasan nya,
  • Dendrobaium dan Phaeleonopsis / Anggrek bulan
Anggrek dikenal sebagai tanaman yang sulit tumbuh. Tanaman yang lain mungkin dengan banyaknya penyiraman dan penyinaran matahari tanaman tersebut akan tumbuh dengan baik, justru sebaliknya perawatan seperti itu akan mematikan tanaman anggrek itu sendiri.
Anggrek berfungsi untuk membersihkan udara dari xilena, yaitu polutan yang ditemukan dibanyak lem dan cat. Anggrek ini cocok digunakan untuk rumah yang baru saja selesai di renovasi. Tidak seperti tanaman yang lainnya, Anggrek bernafas dan mengeluarkan oksigen di malam hari, sehingga mereka juga cocok diletakan pada kamar tidur.

  • Palem
Tanaman keluarga sawit ini mempunyai nama latin Arecaceae / Palmae. Jenis-jenis tanaman palem diantaranya adalah palem sadeng, palem putri, palem jenggot, palem kenari, dll. Palem yang sering digunakan untuk ruang dalam adalah Palem kuning, Palem putri, Palem wergu, Palem pheonix.
Palem dikenal sebagai pembersih udara alami, palem bisa membersihkan udara dari polutan di antaranya formaldehida, benzena dan karbonmonoksida (yang sangat membantu jika seseorang dalam lingkungan perokok).

  • Spathiphyllum atau Peace Lily
Peace lily tumbuh subur di suhu 27 derajat celcius. Tanaman ini tidak hanya digunakan di dalam ruang tetapi juga bisa diluar ruangan, sebagai tanaman outdoor. Tanaman ini bisa berbunga dengan baik apabila penempatannya langsung terkena sinar matahari. Berfungsi menghilangkan racun berbahaya seperti amonia, aseton, benzena, etil asetat, trichloroethylene metil, xilena, alkohol, dan formaldehyde.

  • Pakis

Walaupun dikenal sebagai tanaman yang tumbuh liar, tetapi sebenarnya tanaman yang mempunyai daya tarik tersendiri yang sudah bertahan sejak zaman prasejarah. Mereka disukai karna kelembutannya, daunnya besar dan berbulu yang dapat membantu membersihkan udara dari polutan seperti toulene dan xilena.

  • Walisongo atau Schefflera
Tanaman yang mengkilap, yang tampak kokoh mempunyai daun yang oval. Mereka seperti menjaga daunnya sendiri dari debu. Tanaman ini dapat menyerap racun jahat seperti benzena, formaldehida dan toluena, sangat baik sebagai penetralisir udara pada area perokok.

  • Anthurium Bunga
Pada saat bunganya mekar tanaman ini berubah menjadi tanaman yang cantik dan exotis. Selain penampilannya yang sangat cantik tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai penyaring udara. Seperti daun gelapnya efektif berfungsi menyedot zat amonia, formaldehida, toluena dan xilena, sehingga penempatannya cocok untuk area kantor yang diletakkan dekat dengan mesin fotokopi, printer atau perekat.

  • Song Of India (Dracaena Reflexa)
Tanaman ini mudah tumbuh di kedua cahaya tinggi dan rendah dan menyerap formaldehida, toluena, xilena.

  • Sirih Gading
Tanaman ini sangat populer di Amerika Utara, yang dikenal dengan nama Pothos di USA, ditandai dengan warna kuning gading yang berbentuk hati pada daunnya. Tanaman ini dapat bertahan hidup dalam cahaya yang minim dan temperatur yang rendah cocok digunakan untuk kantor dan rumah karena afektif menyingkirkan karbon monoksida dan formaldehid pada udara.

  • Andong atau Massangeana Cane
Tanaman andong ini sudah sangat dikenali oleh masyarakat indonesia, yang banyak digunakan sebagai tanaman pagar. Berasal dari Afrika, memiliki tampilan liar yang membuatnya ideal untuk dekorasi rumah/ kantor sebagai tanaman indoor, dan juga metralisir zat formaldehid dari udara.

  • Philodendros 
Tanaman ini sangat mudah dirawat dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai peneltralisir udara terhadap zat xilena, racun yang ditemukan dalam banyak perekat dan kulit.

(Sumber : http://www.gardenmatrial.com/2012/10/10-tanaman-untuk-penyegar-udara-dalam.html)

0 komentar:

Posting Komentar

 
ab_architects. Diberdayakan oleh Blogger.