Vertikal Garden Solusi Untuk Lahan Yang Sempit

   Ruang hijau sangat dibutuhkan bagi keseimbangan kehidupan manusia. Tetapi kota-kota besar kini tidak mempunyai lahan terbuka yang cukup. Perumahan-perumahan di kota besar menyisahkan lahan terbuka hijau yang sangat terbatas. Terbatasnya lahan menjadi sebuah kendala yang serius untuk menciptakan taman yang cukup dan harus di cari solusinya. Ruang hijau tidak dibutuhkan semata-mata untuk resapan air serta keindahan, tetapi juga untuk memperbaiki struktur udara di perkotaan. Tanaman hidup dapat mengurangi dampak polusi udara dan sebagai sumber oksigen bagi kehidupan manusia.

   Mempunyai taman kini menjadi sebuah keharusan pada setiap rumah. Tetapi permasalahannya adalah perumahan di Jakarta kebanyakan tidak memiliki lahan yang luas untuk membuat sebuah taman. Kini ada alternatif baru bagi siapa yang ingin memiliki sebuah taman tetapi tidak mempunyai lahan yang luas, yaitu Vertikal Garden (Vega). Vertikal garden dikenal dengan beberapa istilah seperti green wall, taman vertikal, taman tegak, dan sebagainya. Vertikal garden mempunyai konsep sebuah taman tegak, dimana setiap elemen taman diatur sedemikian rupa di dalam sebuah bidang tegak. Dengan konsep ini, ruang tanam bisa jauh lebih besar dibanding dengan taman biasanya sehingga jumlah tanaman yang akan ditanam bisa beberapa kali lipat, dan pastilah menambah ruang hijau secara signifikan. Vertikal garden bisa digunakan diberbagai bangunan (indoor maupun outdoor), carport, pagar, serta dinding-dinding pembatas lainnya, sehingga dapat mempercantik dinding dan tidak monoton.

   Setelah kamu mengetahui solusi taman dilahan sempit dan ingin mencoba membuatnya sendiri kami akan membantu kamu melalu postingan ini. Cara pembuatan Vertikal garden ini kami ambil dari sebuah blog (http://mulanovich.blogspot.com). Berikut caranya;

Untuk membuat kebun Vertikal garden tidaklah memerlukan biaya yang banyak. Pengerjaanya tidak sulit dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Alat dan bahan yang harus disiapkan adalah :
  1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 L sebanyak 5 buah
  2. Tali tambang
  3. Cutter/ Gunting
Langkah-langkah membuatnya adalah :'
  1. Pertama, siapkan lima botol plastik bekas. Botol ini berfungsi sebagai pot tanaman. Kamu bisa menggunakan botol bekas dengan warna sesuai keinginan kamu, atau menggunakan botol bekas yang berwarna bening dan ingin kamu kreasikan sendiri sesuai keinginan kamu.
  2. Buat sebuah lubang besar berbentuk persegi panjang dengan lebar sekitar 3 cm, atau bisa disesuaikan dengan ukuran tanaman. Sebaiknya jangan terlalu sempit agar mempermudah kita untuk meletakkan media tanaman serta pupuknya. Untuk panjangnya lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan, jangan terlalu panjang ini akan menyebabkan botol mudah tertekuk setelah dimasukkan media tanam yang membebani bagian tengah botol.
  3. Buatkan lubang berdiameter kurang lebih 0,5 cm di bagian bawah lubang persegi panjang yang telah dibuat. Lubang-lubang ini berfungsi untuk mengeluarkan air pada saat penyiraman. Disarankan untuk membuat lubang-lubang kecil ini sebaik menggunakan solder agar lebih cepat, lebih mudah, dan rapih. Letak lubang-lubang jangan terlalu berdekatan satu sama lain.
  4. Pot tersebut untuk tanaman pun sudah selesai. Sekarang kita beralih membuat gantungannya. Caranya, buat dua pasang lubang dengan diameter kurang lebih 1 cm pada bagian ujung kanan dan kiri botol menembus bagian dalam botol. Lubang ini berperan sebagai jalur masuk tali tambang. Perhatikan gambar dibawah ini,






Berikut contoh gambar yang sudah jadi,


(sumber : http://godongijo.com/vertical-garden/ & http://mulanovich.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-vertical-garden.html#axzz39fSZKLZL)

0 komentar:

Posting Komentar

 
ab_architects. Diberdayakan oleh Blogger.